Atasi Batu Ginjal tanpa Operasi

Seseorang dapat tersiksa karena batu ginjal. Setiap buang air kecil, pinggang dan perut bagian bawah akan terasa sakit. Urine keruh dan susah keluar, bahkan bisa disertai tetesan darah segar. Penyebabnya, saluran kencing bergesekan langsung dengan pasir atau pecahan batu yang keluar bersama urine. Berikut beberapa obat tradisional untuk mengatasi masalah batu ginjal.

1. Kembang bugang

Tanaman ini mengandung saponin dan flavonoid. Cairan atau rebusan tanaman ini baik dan manjur meluruhkan batu dalam saluran kencing. Namun, khasiatnya berkurang bila sudah kering. Sekali meramu, tidak boleh menggunakan terlalu banyak, hanya 7 lembar daun.

Bahan:

  • 7 helai daun kembang bugang
  • 40 helai daun kumis kucing
  • 5 batang dan akar meniran
  • 1 rimpang kunyit

Cara meramu:

Cuci bersih semua bahan baku. Khusus rimpang kunyit, kupaslah sebelum pencucian dan iris tipis-tipis. Semua bahan direbus dalam air 200 cc. hindarkan merebus dengan wadah aluminium karena dikhawatirkan kandungan Fe akan terlarut. Nyala api yang terlalu besar juga dihindarkan. Ketika air tinggal 3 gelas hentikan perebusan. Ramuan itu diminum 3 kali sehari masing-masing sebanyak ¾ gelas

2. Kejibeling

Kandungan kimia pada tanaman ini yaitu salisilat, karbonat, dan garam alkali berkhasiat meluruhkan batu dalam saluran kencing. Pemakaiannya juga tidak boleh terlalu lama karena akan memperngaruhi lambung. Namun, sifat kurang baik itu bisa dinetralisir dengan mencampur dengan daun wungu.

Bahan:

  • 7 helai daun kejibeling
  • 5 jengkal akar alang-alang
  • 40 helai daun kumis kucing
  • 3 helai daun wungu

Cara meramu: cuci bersih semua bahan tersebut dan rebuslah. Perebusan dihentikan saat air tersisa 3 gelas. Hasil rebusan diminum 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

3. Tempuyung

tanaman ini mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol yang berkhasiat meluruhkan air seni dan menghancurkan kalsium.

Bahan:

  • 7 helai daun tempuyung
  • 40 helai daun kumis kucing
  • ½ genggam rambut jagung
  • 5 helai daun sendokan (ki urat)

Cara meramu:

Setelah dicuci bersih , semua bahan direbus. Minumlah hasil rebusan 3 kali sehari. Selama pengobatan, minum air sebanyak mungkin, minimal 10 gelas per hari. Usahakan buang air besar secara rutin. Hindari mengonsumsi kol, bayam, dan tomat. Kurangi makan daging, minuman beralkohol, teh kental, serta kopi. Sebaliknya, penderita dianjurkan menyantap tanaman lobak, labu putih, dan mentimun.

Bila batu belum keluar dalam tempo satu bulan, pengobatan diulangi kembali selama satu bulan.

4 Responses

  1. sangat bagus..hal ini dapat menjadi suatu referensi tambahan yang bermanfaat..dan efeknya pun lebih minim dibandingkan dengan operasi..

  2. ik tambah lagi ya literaturnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: